Sabtu, 14 November 2009

Pengertian Neraca

Neraca ( Balance Sheet ) merupakan salah satu bagian atau elemen dari laporan keuangan yang memberikan informasi tentang Aktiva kekayaan (asset) dan Pasiva yang terdiri dari hutang atau kewajiban ( Liability) serta modal ( Capital ) yang digunakan oleh perusahan untuk mencapai tujuan perusahan dan juga sebagai simbol keadaan pisik suatu perusahaan.

Ketiga elemen yang terdapat di dalam neraca yaitu :

1. Aktiva
2. Hutang
3. Modal

Aktiva : merupakan kekayan yang dikuasi oleh perusahan dan digunakan untuk operasional perusahan untuk mencapai tujuan perusahan dimana aktiva terdiri dari :

* Aktiva lancar : aktiva yang digunakan oleh perusahan dalam jangka satu tahun
* Aktiva tetap berwujud : aktiva yang umur penggunanyan lebih dari satu tahun digunakan untuk menunjang operasi perusahan dan memiliki bentuk pisik seperti : gedung, tanah peralatan dan kendaraan.
* Aktiva tetap tak berwujud : meliputi paten, hak cipta dan goodwill

Hutang atau Kewaiban : suatu jumlah yang harus dibayar atau dilunasi oleh perusahan dengan menggunakan kekayaan perusahan kepada pihak diluar pemilik. Hutang terdiri dari 2 ayitu :

* Hutang Lancar atau jangka pendek : Kewajiban yang harus dilunasi dalan jangka waktu satu tahun atau kurang dalam satu tahun, seperti hutang dagang, hutang wesel dll
* Hutang Jangka panjang : Kewajiban yang jangka waktu pelunasanya lebih dari satu tahun, seperti Hutang Hipotek, hutang obligasi dll

Modal : merupakan suatu jumlah yang disetorkan ke perusahan yang digunakan untuk operasi perusahan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Arsip Blog