Sabtu, 14 November 2009

Informasi Akuntansi

Data merupakan bahan yang digunakan dalam membuat informasi, oleh karena itu untuk dapat disebut sebagai informasi bagi pemakai atau penerima, suatu informasi harus mempunyai makna tertentu yang mempunyai manfaat bagi para pemakai atau penggunanya.

Dengan demikian dapat dikatakan untuk memjadi informasi, suatu data harus mempunyai nilai informasi dan kualitas tertentu. Agar dapat dikatakan mempunyai dalam pengambil keputusan suatu informasi harus :

* Dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para pengambil keputisan.
* Dapat memberikan keyakinan kepda para pemakai informasi kemungkinan keberhasilan di dalam kondisi ketidakpastian.
* Dapat digunakan untuk mengubah keputusan atau untuk mengubah tindakan.

Suatu informasi dikatakan mempunyai kualitas apabila memenuhi beberapa persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

* Accuracy : Bahwa informasi harus bebas dari kesalahan dan bias, karena kesalahan dan bias dapat mengurangi nilai informasi.
* From : Infprmasi harus disajikan dalam bentuk ( Format tertentu ) yang sesuai dengan permintaan pemakai.
* Timeliness : Penyajian informasi hendaknhya tepat waktu, yang berarti informasi tersebut tersedia pada saat dibutuhkan.
* Relevancy : Informasi yang disajikan harus ada kesesuaian dengan tujuan yang dan hendaknya disajikan secara ringkas.
* Reliability : keandalan informansiharus dapay dipertanggungjawabkan, artinya sumber informasi tidak diragukan dan cara pengolahanya dilakukan dengan benar.

Informasi Akuntansi : merupakan hasil proses pengolahan data keuangan yang dituangkan dalam bentuk laporan keuangan yang disajikan kepada pihak-pihak tertentu, yang menyediakan informasi kuantitatif berupa angka-angka unit moneter yang diyungkan dalam bentuk laporan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Arsip Blog