Sabtu, 14 November 2009

Analisa Laporan Keuangan

Analisa laporan keuangan merupakan proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevalusi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, dengan tujuan untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang. Analisa laporan keuangan sebenarnya banyak sekali namun pada penelitian kali ini penulis menggunakan analisa rasio keuangan karena analisa ini lebih sering digunakan dan lebih sederhana.

Analisa rasio keuangan adalah perbandingan antara dua/kelompok data laporan keuangan dalam satu periode tertentu, data tersebut bisa antar data dari neraca dan data laporan laba rugi. Tujuannya adalah memberi gambaran kelemahan dan kemampuan finansial perusahaan dari tahun ketahun. Jenis-jenis analisa rasio keuangan adalah :

a. Rasio Likuiditas

Rasio ini berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya. Ada 3 (tiga) macam rasio likuiditas yang digunakan, yaitu :

* 1) Current Ratio = ………………………(1)
* 2) Acid Test Ratio = ….(2)
* 3) Cash Position Ratio = ………………(3)

b. Rasio Solvabilitas

Rasio ini berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajiban-kewajibannya (hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang). Ada 4 (empat) rasio solvabilitas yang digunakan. yaitu :

* 1) Total Debt To Equity Ratio= ……………………………………………..(4)
* 2) Total Debt To Total Assets Ratio= ……………………………………………….(5)
* 3) Long Term Debt To Equity= …………………………………(6)
* 4) Long Term Debt To Total Assets = …………………………………..(7)

c . Rasio Profitabilitas

Rasio ini berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dalam suatu periode tertentu. Ada 4 (empat rasio profitabilitas yang digunakan, yaitu :

* 1) Return On Equity (ROE)= ………………………….(8)
* 2) Return On Assets (ROA) = ……………………….(9)
* 3) Net Profit Margin= …………………………………….(10)
* 4) Gross Profit Margin = …………………………(11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Arsip Blog